Saturday, December 18, 2004

Researcher ?!

Alhamdulillah, salah seorang temenku menjadi pemenang di lomba peneliti remaja yang digelar LIPI baru-baru ini. Walaupun agak 'salah' jurusan, gapapalah... Beliau sedang menjalani apa yang diyakininya benar.

Ada sesuatu yang menggugahku untuk berfikir dalam obrolan singkat kami lewat dunia maya kemarin. Pertanyaan Beliau yang berbunyi: "Yentri ikut aja lomba yang taun depan, kan bisa ikut yang IPA. Lumayan tuh hadiahnya", dst...
Waduh, jadi ga enak ati. Yentri gitu loh, disuruh ikut begituan??? Pingin sih, tapi...
Hmm, inilah salah satu sebab orang Indonesia ga bisa maju. Lebih jauh lagi mungkin, ummat Islam. Ayo dong Yen, bukannya misi kita adalah menjadi uztadziatul 'alam? Jangan terlalu banyak 'tapi'!!! Ya, mohon doanya saja dari semua saudara/saudariku, semoga aku bisa menemukan cara untuk mempersembahkan apa yang aku bisa untuk kebangkitan ummat ini..

Tapi mau ga mau pertanyaan beliau bikin aku berkaca diri. Gelar 'sarjana' yang aku sandang sekarang ini, apalagi dari lulusan univ terkenal, apakah hanya akan sekedar aku banggakan dengan status 'sudah bekerja'? Bukankah sangat banyak yang bisa aku lakukan menggunakannya, sarana yang sangat baik untuk berdakwah, bukan? Ketika tingkat akhir aku kuliah, sudah banyak taujih yang diberikan oleh kakak-kakak kelasku terkait dengan 'kekejaman' dunia luar. Ya.. dunia itu memang 'kejam'. Karena ia bisa mematikan potensi kita sebagai seorang muslim/ah, ia bisa memundurkan langkah kita dari jalan yang lurus dan membelokkannya menuju jurang tak berdasar, ia juga bisa mem-pensiun-kan kita dari status kita sebagai seorang agen hidayah. Kejam memang, karena itulah dibutuhkan kesiapan mental spiritual yang lebih untuk terjun dan ikut berputar di dalamnya...


- hehe, buat Adi... selamat ya!! Moga cita-cita antum untuk menggebrak dunia sudah selangkah lebih maju. Keep on your good work, akhi...
[banyak titipan pesen dari temen2 tuh... as usually: Kapan Lulus???]

No comments: