Thursday, December 09, 2004

Buku berbuku

Never Judge A Book By Its' Cover

Pasti semua orang pernah mendengar ungkapan itu. Ungkapan itu banyak benernya sih...

Seseorang yang kita tau berasal dari keluarga baik2, fisiknya lumayan, pribadi pun oke (mobil pribadi, rumah pribadi, sopir pribadi, dan pribadi2 lainnya), tapi belum tentu sifatnya baik. Banyak kejadian orang yang ganteng, kaya, dan terlihat baik (well, berarti itu hanya sebuah kepura2an...), tapi ternyata..

Di satu saat pula, seseorang yang 'terlihat' sebagai ustadz, ulama, kiayi atau apapun predikat mereka... ternyata juga ga jauh beda sama seorang jahiliyah yang ga ngerti caranya berinteraksi dengan orang lain (been there be4, 'n I don't like it!)

Dan banyak lagi contoh2 yang lain. Tidak hanya terkait dengan manusia, tapi juga keadaan di sekitar kita...

Tapi kalo kita coba fikirkan kembali, ada satu saat dimana pernyataan itu tidak benar. Yaitu ketika berkaitan dengan pemahaman (which is inside) dan akhlak (yang 'terlihat').
Seseorang yang pemahamannya baik - catet!! pemahaman, bukan sekedar pengetahuan - pastilah pemahaman itu akan mengkristal menjadi suatu stimulan di otak kita sehingga memerintahkan fisik untuk beramal (yang terlahir dalam apa yang kita sebut 'akhlak'). Kalo kita anggap akhlak itu sebagai 'cover' yang menutup 'buku' pemahaman seseorang, mungkin ungkapan diatas salah ya... Trus, gimana dong kita bisa tau mana akhlak yang bersumber dari pemahaman yang benar dan mana 'akhlak' yang bersumber dari kepura2an semata?

Jawabannya kita pasti udah tau. Lihatlah dengan mata hati... maka kita tidak akan pernah tertipu. Mintalah fatwa dari hatimu!! Tapi, hanya hati yang bersih yang bisa memancarkan cahaya kebenaran Ilahi. Dalam satu hadist qudsi (maaf, agak lupa redaksinya) Allah mengatakan bahwa: "... dan jika hambaKu telah Aku cintai, maka Aku akan menjadi matanya yang dipergunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang digunakan untuk berbuat, menjadi kakinya yang dipergunakan untuk melangkah ...". Bashirah, dengan sedikit saja Allah membuka rahasia-Nya kepada kita, maka penglihatan kita akan sangat jernih untuk membedakan antara yang haq dan yang bathil.

[terinspirasi dari obrolan di dunia maya dengan 2 orang saudariku tercinta... makasih banyak buat masukannya!!]

No comments: