Friday, April 29, 2005

SuperMom...

Jam dinding di ruangan kantor menunjukkan beberapa menit lewat dari jam 08.00, kulihat sekitarku. Teman-temanku memulai kesibukannya masing-masing di meja kerjanya. Sebagian masih di mushola untuk shalat Dhuha, sebagian di depan komputer untuk mengecek email, dan sebagian sedang sarapan... Untuk kegiatan yang terakhir ini, aku sangat-sangat jarang melakukannya di kantor, hanya pada saat-saat tertentu ketika berangkat sedikit terlambat dari rumah, atau.. ketika Mama tidak ada di rumah ^_^. Teman-temanku kadang bertanya "Berangkat dari rumah jam berapa Yen, emang sempet sarapan? Siapa yang masak?". Aku hanya tersenyum sambil berkata "Di rumah kami emang biasa sarapan sebelum jam 6, yang masak ya Mama..". Hehe, pokoknya.. My mom is the best!!
--

Empat tahun merantau untuk kuliah, membuatku dapat merasakan sedikit kerepotan Mama. Apalagi aku ditakdirkan berada di rumah yang sama dengan kedua saudara laki-lakiku, yang jaraaaaaaaaaaang sekali mau membantu membereskan pekerjaan rumah. Aku masih ingat, dulu waktu tingkat2 awal kuliah.. Rencana sudah tersusun rapi di otakku tentang pekerjaan rumah ini. Bangun Subuh, trus masak air, mandi, nyapu dan beberes, bangunin kakak dan dedek, bikin sarapan, cuci piring.. trus berangkat deh ke kampus [masuk jam 7 loh, kayak anak sekolah yak ^_^ ]. Trus pulang kuliah nanti, nyuci, ngepel, setrika, masak makan malem [Jangan salah, aku enggak jago masak koq.. tapi apapun yang aku masak, gimanapun rasanya, harus mereka habiskan!! Hehe, enak juga nyuruh-nyuruh orang.. :-P], trus kalo malem sih bagian ngerjain tugas kuliah dan belajar.

Siiiplah.. planning udah beres, tinggal pelaksanaan.. Tapi ternyata oh ternyata, aplikasinya susah benerr... Mulai dari bangun kesiangan, tugas kuliah yang numpuk, belajar untuk ujian, adek dan kakak yang susah diajak kerjasama, belum lagi kegiatan organisasi di kampus [namanya juga anak baru, maseeeh semangat!]... Hasilnya? Kuliah telat, cucian numpuk, setrikaan segunung, terkadang harus begadang untuk nyelesain tugas. Hiks.. Mo nangis juga percuma, tetep harus diberesin kan?! Kalo udah gini, aku bener-bener ngerasain betapa beratnya pekerjaan seorang Mama. Jadi, acara Mama kalo mengunjungi anak-anaknya di Bandung bisa ditebak dong... Hehe, jadi mo maluw :">.. [Hua... masih jauh banget dari kriteria istri sholehah ya...?!! Ck ck ck, Yen.. masih banyak pe-er tuh..]

Itu baru kerepotan yang berkaitan dengan urusan beberes dan masak-memasak. Satu lagi aku sadari ketika 2 tahun yang lalu keponakanku - yang lucu, imut-imut dan sangat lincah itu - lahir . Subhanallah... ternyata pekerjaan rumah menjadi terasa lebih berat, apalagi Bundanya juga seorang wanita karir, jadilah Mama yang kebagian repot.. Mulai dari memandikan Auli - my nephew - nyuapin makan yang terkadang baru bisa selesai dalam 2 jam karena disambi main, beberes rumah yang berubah jadi kapal pecah sejak Auli kenal mainan... Belum lagi nanti kalau Auli dah mulai sekolah, anter jemput, bantu bikin pe-er, jadi tempat curhat... Subhanallah... Aku baru sadar kalau ternyata menjadi Ibu Rumah Tangga itu pekerjaan yang sama sekali tidak mudah. Sampai aku berpikir, gimana sih para wanita karir itu bisa membagi waktunya [menunjuk ke diri sendiri yang masih harus banyak belajar tentang manajemen waktu..]?

Pantaslah do'a yang dianjurkan Rasul untuk kita baca bagi kedua orang tua kita adalah "Rabbighfirlii wa liwalidayya, warhamhuma kamaa rabbayaanii shaghira..". Kita meminta kepada Allah agar mengasihi kedua orang tua kita sebagaimana mereka mengasihi kita di masa kecil. Lagi-lagi aku bertasbih.. Subhanallah.... Iya ya, anak kecil kan belum bisa apa-apa. Taunya cuma nangis, minta ini-itu, main, makan, tidur... Apalagi kalo yang namanya lagi sakit.. Waduhh.. orang serumah ikut-ikutan dibikin pusing ama ulah ponakanku itu.. Ups, koq jadi banyakan cerita tentang Auli, back to Topic ah..

Mamaku.. orang yang serba bisa. Jago beberes rumah, masak, menjahit, merajut, pokoknya semua pekerjaan yang berbau kewanitaan, Mama menguasainya. Ini semua, kata Mama, adalah karena ajaran Nenekku yang memang termasuk keras dalam mendidik anak.. Perempuan produk jaman Mama mungkin emang begitu ya.. Tapi enggak cuma itu aja, Mama juga jago banget menjalani fungsinya menjadi tangan kanan Papa dalam hal pertukangan dan cari bahan-bahan bangunan.. Kata Mama, "Dulu juga Mama enggak ngerti yen, tapi dipaksa harus ngerti.." Subhanallah.. salut deh..

Kalo Imam Ghazali mengibaratkan Ibu seperti madrasah, aku benar-benar merasakannya. Aku banyak belajar dari Mama.. Kesungguhannya, kesabarannya, ketangguhannya, kemandiriannya, sifat rela berkorbannya, kerapihan administrasinya.. Padahal Mamaku bukan dari komunitas orang-orang 'Ngaji', tapi beliau sudah menerapkan konsep Islam dengan sedemikian baiknya. Ah Mama, masih banyak sekali yang harus iyen pelajari untuk menjadi sepertimu... Bolehkan anakmu ini terus belajar?

Jika kamu mendidik seorang laki-laki, maka kamu telah mendidik seorang pemimpin. Tapi jika kamu mendidik seorang perempuan, maka kamu telah mendidik suatu generasi...

--
Penuh cinta untuk Mama, yang hari ini berusia 51 tahun lebih 3 hari...
Happy Birthday, Mommy... Love You soooooo muuuch...

No comments: