Tuesday, April 19, 2005

Cantik

Apa yang ada di kepala anda ketika seseorang menyebut anda 'cantik'? Senang, bahagia, berbunga-bunga, mungkin itu yang anda rasakan.. Apalagi kalau kata-kata itu keluar dari seseorang yang memang anda harapkan untuk mengucapkannya. Wuih... bukan main rasanya! Pernah seorang adik kelas bertanya; "Teh, menurut Teteh definisi cantik itu apa sih?" Entah hal apa yang sedang beliau lalui, sehingga membuatnya bertanya seperti itu. Aku hanya bisa menduga-duga sambil tersenyum dalam...

'Cantik' (secara fisik) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional (2002), diartikan sebagai indah, elok, rupawan, atau bentuk, rupa dan lainnya tampak serasi. Tidak dijelaskan secara rinci yang bagaimana yang serasi itu, apakah hidung mancung dengan bibir tebal? Atau hidung biasa dengan bibir kecil? Dan sebagainya..

Cantik itu memang relatif. Definisi kecantikan selalu berubah menurut waktu dan tempat. Sebagian mengatakan wanita yang berkulit putih itu cantik, sementara sebagian yang lain mengatakan yang cantik adalah yang berkulit sawo matang. Sebagian lagi berpendapat orang cantik itu adalah yang tinggi seperti para elit model, padahal ada sebagian yang lain justru mengatakan bahwa yang cantik itu adalah wanita yang kecil imut-imut. Ada juga orang yang mengatakan bahwa etnis Cina dan Jepang yang bermata sipit itu cantik, padahal ada orang yang justru mengatakan cantik kepada seorang wanita yang bermata besar. Setiap orang mungkin mempunyai definisi masing-masing tentang apa itu cantik. Dan tidak ada seorangpun yang dapat kita paksa untuk menerima definisi 'cantik' menurut kita.

Tanyakanlah kepada setiap wanita tentang perasaan mereka ketika dipuji dengan kata 'cantik'. Pasti, tidak semua orang (walaupun mungkin hanya sebagian kecil) akan bahagia ketika dipuji seperti itu. Karena ternyata, ketika kita renungkan lebih jauh, tidak selalu 'pujian' itu mengatakan hal yang sebenarnya. Itu akan sangat tergantung dengan orang yang mengucapkan, keadaan ketika kata itu terlontar, ekspresi wajah dan gerak tubuh dari sang 'pemuji', konteks kalimat itu sendiri, kalimat yang mengiringi 'pujian' itu, dan sebagainya. Bisa jadi seseorang menyebut kita cantik hanya untuk menghibur hati yang sedih, atau ingin mengambil hati untuk sesuatu sebab, atau malah ingin menyindir, atau memang karena hal itu adalah suatu kebenaran.

Jangan besar kepala ketika ada seseorang yang menyanjung kita dengan pujian cantik. Jangan pula berkecil hati ketika tidak pernah ada yang memuji kita seperti itu. Toh, itu semua adalah ujian. Apakah kecantikan (atau ketidakcantikan) itu akan membawa kita lebih dekat kepada-Nya, ataukah justru akan menjadi fitnah besar yang menyeret kaki kita ke jurang kenistaan.

Ketika pujian itu terlontar, ucapkanlah 'alhamdulillah' karena memang segala pujian itu hanya layak dialamatkan kepada-Nya, Sang Penyempurna segala kejadian. Lalu... segeralah beristighfar! Karena pujian itu bisa jadi akan melintaskan rasa sombong (walaupun mungkin orang lain tidak bisa melihat kesombongan itu). Segera beristighfar!!

Sementara ketika pujian itu tidak juga terlontar, atau justru terlontar kepada orang selain kita, ucapkanlah juga alhamdulillah... Karena mungkin Allah sedang hendak menguji rasa syukur kita... Rasa syukur atas apa yang ada, juga rasa syukur atas kesempurnaan kejadian kita. Ingatkah firman-Nya: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (QS. At-Tiin: 4)

Berbahagialah kalian ketika kecantikan itu bukan sekedar menghiasi wajah, tapi terutama hati dan akhlak kita. Karena kecantikan fisik pasti akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Tapi kecantikan hati dan akhlak, itulah yang akan 'bersinar' dan terus dikenang oleh orang-orang di sekitar kita.
Wallahu a'lam bish showab.

Allahumma kamaa hassanta khalqii, fahassin khuluqii.
Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadian (fisik) ku, maka perindah pulalah akhlakku.
(HR. Ahmad)

--
Untuk seorang adik yang pernah menanyakan hal di atas: maaph ya, aku baru bisa menjelaskan sikapku sekarang. Afwan jiddan. Semoga kamu bisa kembali menjalani hari tanpa harus terbebani dengan orang-orang 'cantik' di sekitarmu.

Link:
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/1204/05/hikmah/utama02.htm
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0403/15/swara/906362.htm

No comments: