Wednesday, June 22, 2005

Lagi-lagi, memilih...

Mungkin kalian bingung, kenapa postingan saya di blog ini sering bertema tentang pilihan hidup. Iya sih, memang hidup itu selalu harus menentukan pilihan, dan terkadang tidak hanya di antara 2 pilihan. Bahkan ketika bangun tidur di pagi hari pun kita harus memilih, untuk memaksa diri bangun dan berwudhu, ataukah meneruskan menutup mata dan berkemul dalam selimut. Benar kan?!

Kali ini, saya harus menentukan pilihan tentang sebuah cara untuk menjadi bermakna bagi lingkungan. Sulit memang, di satu sisi... ingin rasanya bermanfaat secara keilmuan, menggali lebih dalam lagi potensi kecerdasan yang [kata orang-orang] saya miliki. Di sisi yang lain, ingin berdaya guna bagi masyarakat, tapi tetap menyediakan waktu yang baaaaaanyaaaaaaaaakkkk bagi keluarga. Ya.. ingin mewarnai sendiri kanvas madrasah kehidupan yang baru coba kami lukis. Ternyata, memang pernikahan itu mengubah cara pandang kita terhadap kehidupan ya? Ada tanggung jawab lain yang harus kita emban, tugas lain yang harus kita tunaikan daripada sekedar memuaskan keinginan pribadi. Ingin sukses, ingin melanjutkan sekolah, ingin bekerja, ingin bisnis, dst.

Lalu, mana yang saya pilih? Well, saya memilih untuk memposisikan diri pada fitrah saya sebagai seorang muslimah. Saya tahu kualitas diri saya sendiri, secara ruhiy, secara aqli, secara jasadi... Memang, keluar dari keadaan "nyaman" itu sama sekali tidak mudah. Lagi-lagi mereka bilang "Kan sayang, yen...". Saya hanya tersenyum sambil terus memotivasi diri sendiri: apanya yang harus disayangkan? Materi yang lebih dari cukup? Status yang 'terhormat'? Apakah semua itu cukup berharga untuk ditukar dengan masa depan seorang mujahid dan mujahidah? Ah, klise mungkin.. toh, masa depan siapa yang tahu? Tapi bukankah pilihan kita hari ini akan menentukan keadaan kita di masa depan, kita hanya bisa berikhtiar sebaik mungkin...

Sungguh... bukan kesalahan siapapun ketika saya harus memilih jalan ini. Bukan atas paksaan siapapun. Setidaknya, semua pilihan itu tetap pada koridor utamanya: dakwah ilallah..

Seperti postingan saya sebelumnya, saya hanya bisa berharap semoga Allah-lah yang selalu dan akan terus membimbing saya, dan juga kalian semua, untuk menentukan pilihan... Luv ya all, friends...

No comments: