Wednesday, May 11, 2005

Perhiasan Terindah

Set status di Jabber [Fasilitas Instant Messaging untuk internal di kantor]: "wa khoiru mataa'id dunyaa, al-mar'atush sholihah.." - dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita solihah -

Tanggapan yang bertanya sekaligus menggelitik untuk tau jawabannya: "limadza mar'a laisa rijal ..?" - kenapa wanita, bukan pria? - Keduanya terdiam. Berpikir keras.. apa jawabannya? Logically please!!

Set status di YM: "Kenapa perhiasan terindah di dunia adalah wanita solehah, bukan laki-laki yang soleh? Ada yang bisa membantu saya menjawabnya?"

Commentsss : [some people answer seriously, others only smile..]

ikhwan1: Soale yg sering pake perhiasan tuh wanita, laki jrg yang pake perhiasan. Knapa perhiasan didunia ini wanita sholehah? berdasarkan hadist nabi yach spt itu adanya. Trus alasannya :
Krn islam sangat menjunjung tinggi wanita. Krn wanita adalah ibu dari anak2 yg dilahirkannya. Wanita juga di jadikan tolak ukur bagi negara, jika wanitanya baik, baik pula negara itu dan kebalikannya. Knp demikian?
Generasi yang akan datang terletak pada seorang ibu, bgmn seorang anak di didik
meskipun ada sekolah formal, tapi peranan ibu dalam pendidikan lebih dominan
beda dengan ayah. Krna seorang ibu biasanya lebih, sabar, lebih dekat dll dr seorang ayah dlm mendidik anak.
me: Wanita itu emang diciptakan indah ya pak.. mungkin itu jawabannya..
ikhwan1: Maka itu yg jadi model kebanyakan wanita. Krn sudah sunnah kauniyahNya wanita itu modis. Kalo kita lihat wanita bnyk yg dijadikan objek, krn memang Allah menciptakan wanita sebagai perhiasan dunia. Bisa dilihat dr bentuk fisiknya yang memang indah kalo dilihat, beda sama laki2. Islam begitu memuliakan wanita, sebab itu wanita spy menjaga dirinya dng menutup diri [aurat], krn keindahan wanita tidak ternilai dengan uang.
me: Subhanallah.. jadi mo bangga neeh... senangnya jadi seorang muslimah..
ikhwan1: Kalo kita lihat bnyk wanita yg rela mengorbankan keindahannya dengan mengespos dirinya demi uang semata, itu berarti wanita tsb msh bisa dinilai dengan uang. Yup, itu hrs mbak. Isyhadu bi ana muslimah itu hrs dibanggakan..

akhwat1: Kan yang dibuat indah oleh Allah itu diantaranya kebun/ladang, anak - anak serta wanita. Liat deh di... Ali Imran kalo ga salah. Jadi wanita itu pada dasarnya emang indah. Apalagi kalo wanitanya sholihah. Makanya diibaratkannya seperti perhiasan terindah yang pernah ada di dunia. Kalo laki2 mah kelebihannya yah disisi yang lain lagi. Bukan dari segi indah nya. Jadi analoginya juga kurang tepat kalo laki2 sholeh diibaratkan spt perhiasan terindah di dunia.

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)." (QS. Ali Imran: 14)

akhwat2: Tidak ada yang lebih berharga , melainkan Istri yang sholeha, penyejuk Qolbu, penentram jiwa, pelepas dahaga yang haus akan nilai-nilai Islam, dan pengokoh diri dalam perjuangan ini.
- Sedikit berbagi tentang pendapat suami beliau -
Dia ga pernah protes atau marah, ketika dandanan ana aut2an, ga prnh protes ketika masakan ana ga enak, ga pernah protes ketika rumah berantakan, tapi beliau akan sangat marah, ketika merasa dirinya tidak dihargai sebagai suami, dia akan marah ketika dia merasa istrinya lebih menyayangi orang lain ketimbang dia.....dan dia hanya meminta 1, yaitu Istri sholeha.
Kenapa perhiasan yg paling indah itu adalah wanita sholeha, krna dalam diri wanita itu semuanya adalah keindahan.......... sok akan lebih indah dan menajdi paling indah bila di barengi dengan ke sholeha.

ikhwan2: Wanita identik dengan kelembutan, keindahan dirasakan dengan panca indera, ataupun dalam qalbu.

akhwat3: Laksana perhiasan..maka dia kan membuat indah dunia dengan akhlaknya dengan kelembutannya dengan kecantikannya dilengkapi dengan akhlakul karimah..
Kalo laki-laki lebih identik dengan qawam..pemimpin pelindung yang menjaga setiap perhiasan dunia...

akhwat4: Karena memang wanita diciptakan utk mengiri langkah suami.
me: [looohhhh??]

ikhwan3: Karena yang biasa pake perhiasan = wanita, bukan pria
me: Dan yang boleh pake emas emang cuman wanita yak
ikhwan3: iya kali

akhwat5: Karena klo laki2 liat afwan perempuan telanjang mereka seneng tapi klo perempuan liat laki2, afwan, telanjang itu jijik..."kata buku bgitu"

ikhwan4: Satu sisi, lihat saja aurat wanita. Seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Beda dgn laki2. Lelaki juga indah, tapi wanita jauh lebih indah.

akhwat6: Menurut saya ada dua alasan: satu dari ujung kaki ampe ujung rambut, fisik wanita itu indah, kedua, jika kondisi fisik itu ditunjang dengan inner beauty, maka dengan kelembutan fitrahnya itu akan membuat dirinya lebih bercahaya. Beda banget ama laki-laki.

ikhwan5: ..karena fitroh wanita adalah makhluq yg cantik.. bukan ganteng. Wanita itu qurrota'ayun kalo bisa dibilang............

ikhwan6: Karena semua Nabi dan Rasul adalah laki-laki. Jadi yang paling indah dari sudut pandang laki-laki ya pasangan mereka, yaitu wanita.
me: - afwan, sedikit diubah karena history-nya ga ada -

Begitulah pendapat mereka. Bagaimana menurut anda??? Mengapa Rasulullah SAW mengatakan bahwa yang menjadi perhiasan terindah di dunia itu adalah wanita solihah, bukan laki-laki solih?

"Dunia ini adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita solihah". (HR. Muslim)
--

Ini teh cerita kemarin sebenernya, tapi gimana dong.. baru sempet ditulis hari ini ^_^. Afwan untuk yang udah comment tapi belum ada disini, tulis lagi aja ya.. Jazakumullahu khairan katsira untuk semua yang telah membantu menjawab pertanyaan ini. Kalau ada waktu, insyaAllah akan ada lagi postingan yang lebih serius tentang wanita solihah..

No comments: