Thursday, August 14, 2008

empati

suami sering sekali mengajar saya untuk empati, terutama kepada sesama ikhwah. walaupun kehidupan kami tidak jauh dari kata 'ngepas' (^_^) tapi alhamdulillah masih bisa ngisi tabungan untuk pendidikan anak-anak... (dengan super2 ngirits :D)

"subhanallah ya de, pak papang itu anaknya dua, istri engga kerja, gaji beliau juga cuma 800 rb per bulan. tapi bisa ngontrak sendiri tuh..."

"liat tuh de, pa yopi. anaknya tiga, ngontrak juga, istri cuma kerja jadi guru, bikin usaha tapi masih maju mundur."

"...dan mereka tetap hadir saat kerja dakwah membutuhkan tenaga..."
....

terkadang saya merasa miris juga. melihat anak-anak ikhwah yang bajunya kucel bin kumal, rambut awut2an, jilbab kotor dan celana yang udah kekecilan... miris... saya bilang begini bukan berarti kami berada di atas garis kemiskinan. lha wong gaji suami juga ga sesuai umr jakarta ko. tapi masih banyak yang bisa disyukuri... suami pernah bertanya "ade pernah mikir ga, gimana perasaan temen2 ade saat ade dateng syuro ato liqo liat hana ato rifqi pake baju bagus?" DEGH!! kaget juga sih... alhamdulillah, walaupun saya sangat jarang membelikan pakaian atau mainan untuk anak-anak, tapi nenek dan bundanya sangat rajin membelikan (ga mungkin dong ditolak :p). lagi-lagi saya diajarkan untuk bersyukur...

No comments: